Friday, 7 September 2012

Cara Melihat Kepribadian Seseorang

CARA MELIHAT KEPRIBADIAN ORANG

Jangan salah menilai orang hanya berdasarkan dari cara dia berpakaian, sikap, cara berbicara, dan gaya bicaranya, karena kebanyakan orang ngga menjadi dirinya sendiri, akibatnya orang menikainya dengan buruk dan hanya secara sekasat mata aja.

1. Ajak Berbicara
Ajak berbicara, carilah sisi positive nya, jangan negative thinking dulu.. Ada orang yang terbiasa ngomong nyablak atau suka-suka dia mau ngomong apa, makanya cari sisi positive nya dulu. Dan bukalah suatu pembicaraan yang akan membuka karakter atau sifat dari orang tersebut, cari tau apa yang biasanya dia bicarakan, dan apa kesukaan yang dia bicarakan, baru kita dapat menilai (walaupun belum pasti)

2. Kenali Lebih Dalam
Kenali dulu lebih dalam, sifat dan sikapnya, cara berperilaku, wpakah seseorang itu sudah menjadi dirinya sendiri, atau belum..
Orang yang belum bisa menjadi dirinya sendiri, terkesan agak sedikit munafik dalam berperilaku, atau berkata. Ada juga orang yang selalu jujur (jujur atau bohong dapat dikenali dari mimik wajah, tatapan, dan mata) jangan sok tau juga sih.. Banyak-banyak pelajarin kalo mau liat jujur atau bohongnya orang berdasarkan mimik wajah, tatapan, dan mata, atau bisa juga berdasarkan perilaku nya.

3. Tanyakan Apa Yang Disuka dan Apa Yang Tidak Disuka
Cenderung banyak orang suka berbohong dalam masalah ini.. Ada juga orang yang munafik, sehingga ia membenarkan segala sesuatu yang sebenarnya dia ngga suka, tapi cuma ingin dilihat dan dipadang baik, sehingga orang tersebut akan menjawab dengan cara berbohong dan menutup-nutupi kebohongannya.. Biasanya mereka berbohong agar semua keburukan atau apa yang ngga disukainya, orang pada ngga tau. Biasanya kalo yang jawabnya munafik atau bohong, mereka akan menjawab dengan ragu-ragu, atau bisakeliatan dari mata dan muka kalo ia mencari kebohongan untuk dijadikan sebuah alasan, mencari waktu untuk berpikir matang (gunanya supaya orang ngga bisa tau kebohongannya).

4. Dari Cara Mengeluarkan Pendapat atau Opini
Nah, ini mudah ditebak.. Orang yang menutupi segala sesuatu tentang dirinya, akan memberi saran sebaik mungkin namun orang daat melihatnya dari perilaku yang telah dikenali.. Ngga mudah untuk hanya sekali bertemu dan langsung dikenali segala sifatnya, tapi akan terlihat dari cara bagaimana ia akan mengeluarkan sebuah pendapat atau opini, jika hanya mengkritik dan tidak memberikan solusi atau saran, mereka cenderung orang yang tidak dapat memecahkan sebuah masalah, dan wawasannya ''maaf" kurang luas.

5. Bersikap dan Berperilaku
Kebanyakan orang suka salah menilai orang dai cara ini.. Kebanyakan orang melihat dari mereka bersikap dan berperilaku hanya dengan sekasat mata dan akan menebak-nebak secara negative, banyak juga loh orang yang jaim, jadi mereka jaga-jaga sikap supaya dipandang baik, ada juga yang pengen dibilang keren jadinya buat sesuatu yang bikin orang enek bahkan bisa ngecap dia buruk, ada juga orang yang jadi dirinya sendiri dan ngga peduli sama sekali mau dipandang atau dicap orang lain kaya gimana.. Harus bisa dibedain.

6. Bertindak
Bertindak secara keras, disiplin, ngebossy, dll.. Bisa ditebak dari bagaimana orang tersebut bersikap ke orang lain. Tegas dan mempunyai tanggung jawab dapat diligat dai seseorang yang bertindak secara tegas dan berani mengambil resiko, juga bertanggung jawab bila resiko itu datang.. Mereka akan menunjukan dengan cara bertindak, secara pintar dan mempunyai alasan yang logis.
Jika seseorang itu tegas dan bertanggung jawab (bukan hanya sekedsr omongan aja) berarti kita bisa menilai dia, bahwa kepribadiannya cukup baik dalam hal ini, karena ia telah berani untuk mengambil resiko, mengambil sikapm bertindak secara tegas, adil dan bijaksana, bertanggung jawab bila resiko dan masalah-masalah telah datang.

7. Pergaulan dan Lingkungan
Orang dapat menilai seseorang itu baik atau buruknya bisa dilihat dari faktor lingkungan keluarga.. Karena keluarga adalah orang-prang terdekatnya, yang telah mendidiknya, yang paling tau tentangnya, yang mengerti akan perilaku serta perubahannya. Ini sangat berperan penting dalam kepribadian seseorang yang ditanamkan sejak dini oleh keluargnya, perilaku ini dapat dilihat dari faktor keluarganya yang mendidiknya. Dan mungkin juga pengaruh dari pergaulannya bersama teman-temannya, ada yang memberi pengaruh baik ada juga yang memberi pengaruh buruk.. Semua tergantung pad kepribadiannya yang dapat dilihat, bahwa kita tau bagaimana faktor dari keluarganya dan faktor pengaruh dari pergaulannya.. Apakah seseorang itu tidak terpengaruh ke dalam hal yang buruk yang didapat pada lingkungan keluarga dan pergaulannya?

No comments:

Post a Comment